ApelCreamPuff

ApelCreamPuff
What's Inside?

Sunday, December 20, 2009

Strategy Game Comparission

World in Conflict (WIC) - Medieval Total War (MTW) - Age of Empire III (AOE3)
* I don't compare between game in same genre, but i compare the game by their same type such as strategic.


Here we go,,
Apa yang paling penting buat game strategi? gameplay-kah? kalo emang lu demen ikutin cerita dan maenin campaignya sih gak apa".. tapi kebanyakan game strategi didesign untuk bermain multiplayer (tidak semua loh), seperti contohnya Total War Series yang storynya tuh gak bagus" amat, standard.. namun saat lu bermain multiplayer, akan ada fitur" baru yang lu gak temuin didalam campaignnya.. jadi kita urutin ajah dari graphic (absolute lah ini mah), gameplay (included story), audio (penting neh, kalo lu maen suaranya kayak bebek kan gak asik).


1.Graphics (at EXTRA-EXTRA HIGH SETTING, maksudnya gw test di kemampuan maksimal game tersebut, jadi jangan lw bilang game tsb jelek karena setting compi lw yg minim.. wkkw,, joy! ^^)
Grafiknya juga kita bagi dua sesi, sesi pertama adalah grafik yang dihasilkan (Graphic Quality) dan sesi kedua adalah grafik yang diperlukan (Graphic Perfomance).
1.1 Graphic Quality
World in Conflict (WIC) gw rasa memiliki kualitas grafik yang paling baik diantara tiga game diatas, baik segi grafis dan engine yang digunakan tuh cukup bagus. kita ambil contoh saat menembak sebuah gedung, waktu lu nembak sebuah gedung pake fuel-air tactical bomb gedung itu bakal ancur sesuai dengan kekuatan gedungnya ato lo bisa bilang HP gedungnya (walaupun didalam game gak ditampilkan) sehingga gedung bakal runtuh secara perlahan dan akhirnya hancur. tetapi ada yang beda di WIC, waktu lu ngancurin tuh gedung, gak cuma gedung tersebut yang ancur, tapi juga lingkungan sekitarnya seperti pohon, mobil dan lain-lainnya bakal terdorong itu semua berkat Physx Engine yang dipakai. Oke, bicara soal grafik WIC lumayan lah, jeleknya tuh semua gedung yang dibangun ituh kayak ada 2 bagian. yang pertama kerangka gedung yang rusak dan yang kedua bentuk gedung dalam keadaan utuh (kebayang gak?). jadi waktu gedung ancur WIC gak perlu cape" buat munculin bentuk baru ato menyimpan bekas rusaknya yang akan membuat memory compie lw bengkak ato lebih jelek lagi ngehapus semuanya (Bego!)? wkkw..
setiap unit memiliki kualitas yang luar biasa, gak kayak game" sebelumnya yang dari jauh widih keren, pas dideketin mukanya ancur kayak zombie.. err,, wic is different coy, dengan kemampuan ngezoom extra (gede bgt dah pokoknya) lw bisa liat unit lw kayak detail bgt.. wedeh, ampe pertama gw maenin ni game gw kepikir "bah.. ini mah sama ajah kayak grafik first person yang cupu" gtu.. padahal ini rtt loh.. jd selevel fps.." ampun kk.. ~_~
mulai dari asap knalpot helicopter luw, orang didalem heli, sampe potongan kertas yang berterbangan bakal terlihat jelas.. cuman jeleknya,, waktu lw order unit ceritanya unitnya terjun dari pesawat, well.. keren, tapi pas ampe tanah,, bakal ditutupin ama asap tebal.. pas gw cek ternyata unit yang terjun tadi ngilang dan digantiin ama unit baru.. jah.. wkkw... tpi ditutupi dengan baik dan yang gak jeli gak bakal nyadar.. salut deh sama sierra dan masive (yg buat)
Medieval Total War (MTW) emang gak terlalu mengandalkan grafik (tidak seperti penerusnya Empire TW) yang grafiknya udah lumayan bagus, gak apa" deh.. hhw,, katanya setiap unit bakal punya gerakan yang berbeda.. tapi waktu gw maen,, hmn.. gak tuh, tp gak apa".. soalnya lu gila kali kalo lu maen dengan jumlah pasukan 6000 orang lu buat gerakan yang beda? edan.. tapi kemampuan zoomnya lumayan jauh.. bisa ampe deket banget. buat kualitas, MTW tuh rada kasar grafiknya.. gak kayak WIC yang lumayan halus ato walopun kasar tapi ditambel" sama berbagai bedak dasar.. ahha,, maksunnya effek..
waktu mati unitnya gak ada darah,, aneh.. dah gitu waktu cavalary (pasukan berkuda) mati kena panah yang mati orang+kudanya, padahal yang kena cuma orangnya.. nyeh?
dan gw pernah ada kejadian unik, waktu itu gw maen udah mau menang,, gw udah abisin ampe keroco"nya tuh musuh, sampe tinggal 1 biji.. lari" tuh musuhnya, udah gw gak kejar pake cavalary lagi, tapi gw tembakin pake panah.. waktu itu gw ada 4 batalion pemanah, setiap 1 batalion ada 150,180,200, kita buletin ajah 150x4=600 orang,, nah waktu ditembak panahnya ke tuh musuh,, gak mati! (padahal udah pake panah api) dalem ati gw buset dah kaga mati,, tembak lagi kedua, gak mati juga, ketiga tidak, keempat, tidak lagi.. dalem ati.. edan,, ini orang nyawanya 9 kali ye? yaudah akhirnya gw putuskan untuk bantai pake kuda.. setelah gw selidikin.. ternyata oh ternyata, 600 orang tadi gak memanah 600 panah.. melainkan hanya puluhan,, pantes.. mungkin karena memory pool availabelnya yha,, jadi yang ngebuat mikirin buat memory yang bakan dikonsumsikan kompi.. supaya maennya gak berat" banget.. oke dhew,, nice!
Same topic, waktu ngehancurin gedung ato tembok, ancurnya rada ngambang... kayak slow motion gtu,, penyebabnya adalah engine yang dipakai MTW jelek, gak kerasa bener.. huh,
Ages Of Empires 3 (AOE3) kalo dibilang paling jelek kualitasnya diantara 2 diatas, ya iyah.. AOE3 tuh udah berubah 180 derajat dari AOE2 yang grafiknya masih 16bit, pecah" gtu.. namun aoe3 masih punya banyak kekurangan, pertama engine yang dipakai cupu.. gedungnya ancur copot" kae semangka digigit, wkkw.. melayang-layang lagi batunya diudara, payah.. dah gitu zoomnya terbatas, why? karena mukanya abstract! wkkw.. jadi dari jauh c bagus kalo diliat, tapi pas dideketin ancur.. dah gtw kasar buatanya.. unitnya paling dikit! terbatas, hanya 250 unit tiap negara, itu pun udah menghalalkan segala cara, kalo standard c cuma 200 unit.. asal lu tau, 200 unit itu termasuk civilian lu, jadi orang biasa yang disuruh buat kerja, bangun rumah juga diitung, kapal laut juga termasuk.. aih,, jadi supaya lw cepet naek ages dan menjadi negara berkembang lw butuh sekitar 100an orang buat kerja (termasuk kapal nelayan) jadi pasukan lw oaling cuma 100 orang, termasuk artilery diitung 6 orang!!!!! Edan lah ini game! wkkwkw... jadi misalnya lw punya 6 artilery, jadi 36 populasi.. jadi pasukan lw cuma 54 orang.. plus yang laen ada yg diitung 2, 3, etc.. jadi jauh lebih dikit pasukannya.. payah..
Tapi, yang bikin gw bingung,.. waktu perang tuh heboh.. knp? karena full of effect,, semua kekurangan diatas ditutupin ama sejuta effect.. seperti bloom effect (mengkilap), etc.. hebat,, dan juga peranan audio..
jadi.. diurutkan berdasarkan yang terbaik:
1.WIC
2.MTW
3.AOE3
1.2 Graphic Perfomance
WIC



System:



2.2GHz single-core or any double-core process or equivalent


RAM:



512 MB (kuat kok tapi engap!)


Video Memory:



128 MB (eits tapi jangan senang dulu.. video card jadul kae MX440 ato bahkan FX5200, FX6200 bakal gak bisa dan sekalipun bisa,, engap! dan butuh more memory untuk pixel shader 2.0)


Hard Drive Space:



8000 MB  (nyatanya cuma 4,5GB, mungkin 3,5GB buat nyimpen data lainnya seoerti saved game? gila saved game 3,5GB? gak lah,, supaya maenya lancar..)


Other:



1GB RAM required for Windows Vista  (masih engap! kudu 2GB)
MTW



System:



1.5GHz Pentium 4® (1500MHz) or AMD® Athlon 64 or equivalent


RAM:



512 MB (lu bakal ngerasain loading berjam" kalo memory lu cuma segini)


Video Memory:



128 MB  (buat pixel shader 2.0, lw gak cukup boss need more, at least 256mb)


Hard Drive Space:



9000 MB (nyatanya cuma 7,5GB,)


Other:



Monitor must be able to display 1024x768 resolution or above
AOE3



System:



1.4 GHz equivalent or higher processor or equivalent


RAM:



256 MB 

 (segini masih kurang? gila kali lu, kompi jaman bahela kali?)


Video Memory:



64 MB 

 (wkwkwaq,, edan.. gak mungkin gak kuat kan? ini udah paling rendah lah specnya)




Hard Drive Space:



2000 MB


Other:



Sound card, speakers, or headphones required for audio; 56.6kbps or better modem for online play


2.Gameplay
Story terbaik adalah AOE3, (wedeh.. akhirnya,, setelah tertindas) itu ceritanya lumayan kental dan jelas, gak muter".. dan paling mudah dimainka, easy.. dan misinya juga menyenangkan gak bikin tegang gitu..
kedua adalah WIC, walopun awalnya rada aneh,, masa tiba" Amerika diserang? nyeh? mana pertahanan negaranya tuh? wkkwk.. dan terdesak, etc.. tapi misinya rada malesin yah, muter".. dan bikin bt,,
ketiga yaitu MTW, kenapa? karena ceritanya standard, dari total war pertama juga sama" ajah.. lu pilih satu negara dan lw harus nguasain negara" tertentu ato smuanya juga boleh (maruk! tp gw pernah) wkkwk,, tapi kesulitannya adalah lw harus atur tax, income, etc.. capek deh,, gw pernah maen ampe income gw -100.000an,, wkwk.. mampus ajeh!! dah gitu misalnya lu udah nguasain 40 negara, jangan seneng dulu, biasanya bakal ada yang  ngeberontak, ato dateng pasukan tambahan dari negara laen untuk bergabung nyerang lu.. matilah,, capek ngurusinya.. udah gitu lu harus  membahagiakan rakyat lu dengan fasilitas umum yang harus lu bangun, (kalo incomenya -100.000 bangun pake ap yha? wkkw.. daon kali)

termudah: AOE3
terkomplex:MTW



3.Audio



paling menggelegar suaranya adalah.... WIC, jelas.. jamannya ajah udah beda, udah ada nuklir segala.. kwwkkw,, waktu nuklir meledak layar kompi lw bakal putih dan ada suara melengking yang bikin kuping sakit, wkwkkw.. dan kalo lu deket" bakal kena radiasi, ada garis" dikompie gt jadi kayak rusak monitornya.. wkwk.. suara unitnya juga bagus,, 
kedua AOE3, masih bagus musicnya.. menghibur..
yang paling garing,, MTW, tapi kalo lagi perang gak, banyak suara orang teriak".. akakka.. serem~








4.ESRB
WIC

ESRB:



TEEN


ESRB Descriptors:



Blood, Language




MTW (paling parah, sadis sih..)



ESRB:



TEEN


ESRB Descriptors:



Alcohol Reference, Blood, Mild Language, Tobacco Reference, Violence, Sexual Themes
AOE3



ESRB:



TEEN


ESRB Descriptors:



Blood, Violence






5.Gamespot Score
WIC: 9,5
MTW: 8,8
AOE3: 8,2



link terkait:
Visit the official web site at: http://www.worldinconflict.com
Visit the official web site at: http://www.ageofempires3.com
Visit the official web site at: http://www.totalwar.com/community/medieval2.htm (paling sedih neh, forum masak?) wkwk



Powered by Gamespot


© Copyrights 2009 apelcream. All Right Reserved.

No comments:

Post a Comment