ApelCreamPuff

ApelCreamPuff
What's Inside?

Tuesday, December 22, 2009

Call Of Duty Series-Medal Of Honor Series-Battle Fields Series-Brother In Arms Series (Who's The Best?)

Pengembang & Pembuat:
(yang bertema historic first person shooter (fps), berarti cod4:modern warfare, modern warfare2, battlefields2, battlefields 2142, battlefields badcompany, battlefields vietnam, etc tidak diikut sertakan)

Call of Duty Series (CODs): Activison & Infinity Wards
Medal of Honor Series (MOHs): Electronic Arts & 2015
Battlefields Series (BFs): EA Games & Digital Illusions
Brother in Arms Series (BIAs): Ubisoft & Gearbox Software

Perkenalan
Dari developer dan publishernya sendiri sebenernya kita udah bisa liat syapa yang serius buat historic fps. Seperti COD1 pertama kali muncul sebenernya gak banyak yang tau, soalnya gak gembar-gembor peluncurannya. COD1 waktu pertama ajah udah punya grafik dan gameplay yang jauh lebih bagus dibanding rival-rivalnya seperti MOH yang grafiknya boleh dibilang parah banget, abis itu BF juga grafiknya udah bagus, cuma waktu maen terasa sepi banget tapi ketutup ama keluasan untuk bisa menggunakan kendaran, dsb.. dan BIA tuh grafiknya soft, emang kurang bagus tapi effek"nya cukup banyak dan jadi keliatan indah.

Fokus (Expansion)
ok, dari grafik ke4 game awal diatas bisa dinilai BF yang paling bagus, disusul BIA, COD dan MOH. tapi setelah mereka merilis expansionya, BIA:Hell's Highways ituh bener" serius pengembangannya. Grafiknya berubah 180 derajat, ciri khasnya yang soft tetep ada, tapi details texture dan enviromentnya berkembang pesat. dan juga engine yang dipake lebih bagus. nih ada screenshoot BIA:HH, watku ditembak badannya putus..

Brother In Arms

Darahnya udah bagus, enginenya juga, tapi waktu liat rumputnya yang masih keliatan kasar, jadi keingetan BIA pertama. Berarti rumputnya gak diubah ama developer, tapi jumlah rumput dan kehalusannya berubah loh..
ni ada lagi screenshoot (sc) BIA pertama. Liat bedanya kan?

texturenya jelas berubah drastis, soft effeknya berkurang tapi tetep ada. shadow dan shadernya juga udah membaik di seri expansionnya.

dah gitu BIA pertama tuh kayak belum kenal sama shadow, soalnya dikit banget permainan shadownya. dan semuanya masih patah-patah.
di seri expansionya waktu kamu nembak tangan musuh, mungkin ajah senjata musuh terlepas atau bahkan tangannya putus.

Dan satu lagi yang khas dari BIA, HUDnya tuh minim banget, jadi kayak maen hardcore.. soalnya cursornya bisa dimatiin, dan menurut gw ituh bisa nunjukin bahwa lu tuh pro..!! wkwk


Medal of Honor

Satu lagi yang cukup signifikan perkembangannya, yaitu MOH. gambar yang diatas ituh yang seri expansionya, yaitu MOH:Airbone. dan yang bawah itu MOH:Allied Assault. hhw.. lu liat yang bawah jelek banget gambarnya, dah kayak gambar PS1. kocak abis, tapi liat donk keseriusan EA dalam ngebuat game. dari texture ngeblur, kasar, potongan kasar, no shadow and no shader offcourse, DX7.0 tuh yang bawah berubah jadi MOH:Airbone yang full of Deph of Fields yaitu effect blur mata lu saat

ngeliat benda deket ato perubahan fokus mata (walopun belom bagus" amat) dan effect bloom, yaitu effect mengkilap yang ngebuat benda kayak besi terlihat lebih nyata dan water resolutionnya udah bagus, soalnya udah didukung DX 9.0c.
Jelas metamorphosis MOH lebih drastis dibanding bia yang udah punya bibit bagus.
dan juga gameplaynya berubah drastis, MOH lebih mendekatkan pada historicnya peperangan. alias gak cuma action doank..



Call of Duty

Yang diatas ituh COD5:WOW, liat shadownya bener-bener diperhatiin, dan shadernya juga bagus. walopun seri cod emang kurang perhatiin kedetailan texture (kecuali modern warfare 2 yang texturenya bener" mantep) dan effect pencahayaan wow juga terbilang bagus.
Tapi liat dulu gambar yang dibawahnya, itu adalah COD1, lu liat ajah COD1 ajah udah bagus apalagi sekuel"nya? wkwk
Tapi tetep dalam gameplay dan grafis mengalami

perubahan tapi gak terlalu drastis kayak MOH ato BIA. lagipula gambar yang dibawah kalo dideketin texturenya masih blur dan potongannya agak kasar.
COD1 juga belum merhatiin mimik muka jadi semua prajurit mukanya diem, walopun ngomong. dan shadow yang ada ituh kebanyakan static, jadi emang udah didesain sedemikian rupa agar terlihat shadow, padahal cuma gambar, bukannya seperti WOW yang sudah dinamis mengikuti matahari dan gerak pohon. jadi kalo pohonnya ketiup angin shadownya juga akan gerak. dan udah kenal softshadow wow itu..



Battle Fields

ngeri kan apa yang dimaksud kesepian? BF tuh bener-bener sepi banget baik grafik maupun soundnya, kayak orang gak niat buatnya. dah gitu dia paling kesian, gw gak bisa nemuin sekuel bf yang bertema historic fps yang udah punya grafik bagus. Ada sih 2 ato 3 game expansionnya tapi grafiknya masih cacat.. wkwkaq, cuma lebih gak sepi ajah..
karena gw kesian jadi gw masukin gambar BF:Bad Company 2 ajah yee.. yang grafiknya pool abis..
mantep, tapi belum dirilis. nanti maret 2010. mantep dah grafiknya, cuma sayang kalo dirilis sekarang kan bisa jadi rival mw2, hhw..



Jadi menurut gw gak ada yang pantes dibilang the best, cuma mesti dibagi" dalam grup tertentu..
jadi...
The best gameplay: CODs (especially COD5:WOW) dan out of topic is Modern Warfare 2



The Best Graphics: BIAs (especially BIA:HH)


The Best Engine: BIAs (especially BIA:HH) dan out of topics is BF:Bad Company2

The Most Complex Enviroment: MOHs (especially MOH:Airbone)



powered by gamespot~deviantart

No comments:

Post a Comment